Mbah IT - Hemat Koneksi Data dengan Onavo

on Rabu, 21 Desember 2011
Sebagiamana yang kita tahu kalau koneksi mobile di Indonesia masih memakai sistem quota. Beberapa operator memakai sistem FUP (Fair Usage Policy) yang memungkinkan pengguna memakai paket data tak terhingga tapi kena penalti diturunkan kecepatannya. Sangat menyebalkan kalau sudah kena FUP, karena koneksi jadi jauh lebih lambat. Ada aplikasi yang bisa menghemat pake data Anda supaya terhindar dari FUP.

Perkenalkan Onavo

Onavo pertama kali di luncurkan pada April 2011 adalah sebuah aplikasi yang mengkompresi penggunaan data di iPhone. Onavo bekerja di latar belakang mengoptimalkan penggunaan data pada aplikasi yang berjalan.

Kegunaannya

Saya sudah memakai Onavo selama sebulan penuh, selama itu data yang saya hemat 35MB dari 100MB, itu adalah 35% penghematan pemakaian data. Cukup banyak bukan? Padahal saya bukanlah pemakai iPhone yang terus-terusan terkoneksi. Data yang dihemat melalui sambungan 3G/Edge/GPRS saja, kalau tersambung ke WiFi, Onavo akan berhenti bekerja.
Onavo app screenshot
Anda diberikan laporan penuh tentang aplikasi apa saja yang di hemat serta berapa banyak penghematan oleh aplikasi tersebut.

Kenapa harus menghemat?

Dengan menghemat paket data, Anda bisa menambah atau sampai menggandakan bandwith Anda. Menghindakan penalti FUP (Fair Usage Policy) apabila quota bandwith terlewatkan.
Silakan Unduh Onavo untuk iOS, gratis koq.
Sumber ilmuti.com